Pages

Sabtu, 23 Juni 2012

Kenapa Harus Biru?

Kenapa biru? Kenapa harus biru? Kok hampir semua baju kamu warnanya biru? Eh, ternyata cat kamarmu juga biru toh. Wah, blueholic ternyata. Bahkan lihatlah halaman blog ini, semuanya didominasi warna biru. Kenapa lagi – lagi biru sih?

Saya adalah seorang blueholic, sangat menyukai warna biru sampai hampir seluruh barang yang saya miliki didominasi dengan warna biru. Mungkin itu juga yang mendasari blog ini didominasi dengan warna biru.
Entah kenapa rasanya menyenangkan ketika melihat benda – benda berwarna biru. Bahkan   kalau lagi di supermarket mesti ini tangan udah gatel aja buat ngebeli semua yang biru – biru.
Ada untungnya juga jadi blueholic, orangtua atau saudara saya ketika mau membelikan barang ga perlu tanya “mau warna apa?” karena sudah paham bahwa biru warna favorit saya.

Tantang warna biru, kenapa saya menyukainya? Mungkin karena biru menggambarkan bagaimana karakter dan keinginan saya. Biru merupakan warna primer, sebagaimana saya sangat berharap bisa menjadi orang yang mewakili sifat primer, dibutuhkan, bermanfaat dan mampu diandalkan untuk semua orang. Biru merupakan simbolis kebaikan, lawan dari merah. Biru juga bermakna ketinggian dan kedalaman; seperti langit biru diatas, dan laut biru dibawah.

Dari hasil searching mbah google, saya dapet beberapa penjelasan tentang warna biru ini. Warna biru juga sering diasosiasikan sebagai warna yang melambangkan kejujuran, kesetiaan, harapan, dan harmoni (saya sepakat dengan yang ini). Cinta, spiritualisme juga diwakili oleh warna ini (makin klop dah...). Kesan yang bisa didapat dari penggunaan warna biru adalah ketenangan, ketentraman dan kenyamanan (tuh kan warna biru emang keren). Sehingga efeknya dapat memperlambat denyut jantung, menurunkan tekanan darah, menghapus stress, dan membuat kita dapat bernafas lebih dalam.

Selain itu, warna ini juga memperlancar imajinasi dan memperlancar komunikasi karena sifatnya yang nyaman. Jika diterapkan sebagai warna untuk ruang tidur, warna biru bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak. Namun perlu hati – hati juga. Karena ternyata sodara – sodara, penggunaan warna biru yang berlebihan juga punya efek samping (nah loh..). Seperti ketika digunakan pada kamar tidur, jika berlebihan justru bikin kita kesulitan bangun tidur, mungkin saking nyaman dan nyenyaknya tidur di kamar bercat biru, hho... Selain itu, terlalu banyak warna biru bisa menimbulkan rasa malas dan terisolisasi. Yah, namanya juga sesuatu yang berlebihan dimana mana kan ga baek. Tapi jangan khawatir para blueholic, masih banyakan manfaat warna biru kok ketimbang efek sampingnya. Bahkan, taukah kalian kalau ternyata warna biru merupakan warna favorit sebagian besar cowok dan cewek. Presentase cewek penyuka warna biru bahkan 5kali lebih banyak daripada cewek penyuka warna pink. Padahal, denger – denger tuh ya, warna pink itu warnanya cewek.

Bahkan saking kerennya warna biru, coba kamu perhatiin berapa banyak perusahaan yang menjadikan biru sebagai warna untuk logo atau lambang perusahaannya. Sebagai contoh, facebook yang merupakan provider jejaring sosial terbesar didunia. Kemudian skype, intel, nokia, panasonic, epson, samsung, dell, BMW, twitter, dan masih banyak lainnya. Dan lagi, ternyata oh ternyata, warna biru merupakan warna favorit yang digunakan orang pada sebuah website, ya seperti saya ini. Juga taukah kamu, kalo warna yang paling ga disukai baik cowok maupun cewek adalah warna kuning, atau orange. Ckckck.. Yah, bukan bermaksud diskriminatif pada teman – teman pencinta warna kuning, toh adek bungsu saya pun penyuka warna itu. Tapi begitulah info yang saya kutip dari mbah google.

Pokoknya, biru is the best. Saya menyukai segala kekurangan dan kelebihannya, tidak monoton dan jarang flat jika digabung dengan warna lain, selama kita pintar memadukan. Membawa nuansa nyaman dan dingin. Bahkan ada yang bilang orang yang suka biru itu berarti dia cool, dan terkesan cuek. Padahal ya ga gitu juga sih. Cuma luar doang. Hatinya kan baek. Ya ga blueholic??? :D

Sekian biru – biruan saya. Hidup biru!

4 komentar:

  1. tinggal mbuktiin, semua karakter biru ada gak di birucholic. hehe

    salam hangat,
    my first visit here:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih belum semua masuk sih mba karakternya.. lain waktu kita posting lagi sesuatu yang lebih biru.. hha..

      mksih kunjungannya.. di follow jg lebih baik.. hho..

      Hapus
  2. haha kenapa gw banget ya... i'm blues pokoknya hahaha..:))

    BalasHapus